Resep Pentol Bakso Sapi Enak

Bahan-bahan:



1/2 kg daging sapi giling


150 gr tepung tapioka


50 gr tepung terigu


2 butir telur


4 siung bawang putih, haluskan


2 sdm kecap manis


1 sdt merica bubuk


1 sdt garam


1 sdt kaldu sapi bubuk


1 batang daun bawang, iris halus


1000 ml air kaldu sapi



Cara membuat:



1. Campurkan daging sapi giling, tepung tapioka, tepung terigu, telur, bawang putih, kecap manis, merica bubuk, garam, kaldu sapi bubuk, dan daun bawang. Aduk rata.


2. Ambil sedikit adonan, bulatkan menjadi pentol bakso.


3. Rebus air kaldu sapi hingga mendidih.


4. Masukkan pentol bakso ke dalam air kaldu, masak hingga mengapung dan matang.


5. Angkat dan sajikan.



Informasi nutrisi:



Satu porsi pentol bakso sapi enak mengandung:



  • Kalori: 300

  • Lemak: 12 g

  • Karbohidrat: 30 g

  • Protein: 18 g

  • Serat: 2 g


Pentol bakso sapi enak merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Makanan ini biasanya dijual di warung-warung atau restoran-restoran dengan harga yang terjangkau. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resep pentol bakso sapi enak.


Untuk membuat pentol bakso sapi enak, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti daging sapi giling, tepung tapioka, tepung terigu, telur, bawang putih, kecap manis, merica bubuk, garam, kaldu sapi bubuk, daun bawang, dan air kaldu sapi. Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai proses pembuatan pentol bakso sapi enak.


Langkah pertama dalam membuat pentol bakso sapi enak adalah mencampurkan semua bahan ke dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bulatkan menjadi pentol bakso. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang tersisa.


Rebus air kaldu sapi hingga mendidih. Setelah itu, masukkan pentol bakso ke dalam air kaldu dan masak hingga mengapung dan matang. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk supaya pentol bakso tidak menempel di dasar wadah. Setelah matang, angkat dan sajikan.


Untuk informasi nutrisi, satu porsi pentol bakso sapi enak mengandung sekitar 300 kalori, 12 gram lemak, 30 gram karbohidrat, 18 gram protein, dan 2 gram serat. Meskipun mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi, pentol bakso sapi enak masih dapat menjadi pilihan makanan yang sehat jika dimakan dengan porsi yang tepat dan disajikan dengan sayuran segar.


Selamat mencoba membuat pentol bakso sapi enak di rumah!


close