Resep Donat Terbaru 2023: Tips Membuat Donat Empuk dan Enak

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan



Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat adalah tepung terigu, ragi, gula, susu bubuk, telur, mentega, dan air. Pastikan semua bahan dalam kondisi segar dan berkualitas agar hasilnya maksimal.


2. Langkah Membuat Adonan



Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi, gula, dan susu bubuk dalam wadah. Kemudian, tambahkan telur dan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan elastis. Tambahkan mentega dan uleni lagi hingga adonan benar-benar tercampur rata.


3. Fermentasi Adonan



Setelah adonan siap, biarkan adonan fermentasi selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang dan menghasilkan aroma yang khas. Jangan lupa untuk menutup adonan dengan plastik wrap agar tidak terkena udara luar.


4. Pembentukan Donat



Setelah adonan mengembang, ambil adonan dan pipihkan hingga setebal kurang lebih 1 cm. Kemudian, gunakan cutter untuk membentuk donat dengan diameter sesuai selera. Setelah selesai, biarkan donat mengembang kembali selama kurang lebih 30 menit.


5. Penggorengan Donat



Panaskan minyak dalam wajan hingga cukup panas. Setelah itu, goreng donat satu persatu hingga kecoklatan sempurna. Jangan lupa untuk membalik donat agar matang merata.


6. Penyajian Donat



Setelah donat matang, biarkan dingin sejenak agar tidak terlalu panas. Taburi dengan gula halus atau taburan sesuai selera. Donat siap disajikan.


7. Tips Membuat Donat Empuk dan Enak



Untuk mendapatkan donat yang empuk dan enak, pastikan adonan diuleni dengan baik agar kalis dan elastis. Selain itu, jangan terlalu banyak menambahkan tepung terigu agar donat tidak keras. Gunakan mentega berkualitas untuk memberikan aroma yang khas dan lembut pada donat.


8. Variasi Donat



Selain donat original, kamu juga bisa membuat berbagai macam rasa donat seperti coklat, kacang, keju, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan topping seperti selai, kacang, atau coklat untuk membuat donat lebih istimewa.


9. Penyimpanan Donat



Donat bisa disimpan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 2-3 hari. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk agar donat tetap empuk dan enak.


10. Kesimpulan



Membuat donat memang membutuhkan sedikit kesabaran, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat donat empuk dan enak seperti di toko-toko kue. Selamat mencoba dan semoga sukses!

close